وَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ
لَا إِلَهَ إِلا هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ (163(
Dan Tuhan kalian adalah Tuhan Yang
Maha Esa: tidak ada Tuhan melainkan Dia, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Melalui ayat ini Allah Swt. menceritakan bahwa diri-Nya adalah Tuhan Yang Maha Esa, dan tidak ada sekutu bagi-Nya, tiada yang sama dengan-Nya. Dia adalah Allah Yang Maha Esa yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu, yang tiada Tuhan yang wajib disembah kecuali hanya Dia, dan bahwa Dia adalah Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Tafsir kedua asma ini telah dikemukakan dalam permulaaan tafsir surat Al-Fatihah.
Di dalam sebuah hadis:
عَنْ شَهْرِ بْنِ حَوْشَبٍ،
عَنْ أَسْمَاءَ بِنْتِ يزيد بْنِ السَّكَنِ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: "اسْمُ اللَّهِ الْأَعْظَمُ فِي هَاتَيْنِ
الْآيَتَيْنِ: {وَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ لَا إِلَهَ إِلا هُوَ الرَّحْمَنُ
الرَّحِيمُ} وَ {الم * اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ}
dari Syahr ibnu Hausyab, dari Asma
binti Yazid ibnus Sakan, dari Rasulullah Saw., disebutkan bahwa Rasulullah Saw.
pernah bersabda, "Nama Allah Yang Mahaagung terdapat di dalam dua ayat
berikut," yakni firman-Nya: Dan Tuhan kalian adalah Tuhan Yang Maha Esa;
tidak ada Tuhan melainkan Dia, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
(Al-Baqarah: 163). Alif Lam Mim. Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia, Yang
Hidup Kekal lagi senantiasa berdiri sendiri. (Ali Imran: 1-2)
Kemudian Allah Swt. menyebutkan
sifat-Nya Yang Maha Esa melalui penciptaan langit dan bumi serta apa yang ada
di antara keduanya semua makhluk yang diciptakan dan diadakan-Nya, yang
semuanya menunjukkan akan keesaan-Nya. Untuk itu Allah Swt. berfirman:
إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ
وَالأَرْضِ وَاخْتِلافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْرِي فِي
الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ وَمَا أَنزلَ اللَّهُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ
مَاءٍ فَأَحْيَا بِهِ الأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيهَا مِنْ كُلِّ
دَابَّةٍ وَتَصْرِيفِ الرِّيَاحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخَّرِ بَيْنَ السَّمَاءِ
وَالأَرْضِ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ (164(
Sesungguhnya dalam penciptaan langit
dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut
membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit
berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)nya dan
Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang
dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan
dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.
Allah Swt. berfirman,
"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi yang kita lihat sekarang
ketinggiannya, keindahannya, keluasannya, bintang-bintangnya yang beredar, yang
tetap, serta perputaran falak (kosmik)nya; dan bumi ini yang dengan kepadatannya,
lembah-lembahnya, gunung-gunungnya, lautannya, padang saharanya, hutan
belantaranya, dan keramaiannya serta segala sesuatu yang ada padanya berupa
berbagai macam manfaat; pergantian malam dan siang hari; datang, lalu pergi,
kemudian digantikan dengan yang lainnya secara silih berganti tanpa ada
keterlambatan barang sedikit pun, seperti yang disebutkan oleh firman-Nya:
لَا الشَّمْسُ يَنْبَغِي لَهَا
أَنْ تُدْرِكَ الْقَمَرَ وَلا اللَّيْلُ سَابِقُ النَّهَارِ وَكُلٌّ فِي فَلَكٍ
يَسْبَحُونَ
Tidaklah mungkin matahari mendapatkan
bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar
pada garis edarnya. (Yasin: 40)
Adakalanya yang ini panjang dan yang
itu pendek, dan adakalanya yang ini mengambil sebagian waktu dari yang itu.
Demikianlah set-rusnya secara bergantian, seperti yang disebutkan oleh
firman-Nya:
يُولِجُ اللَّيْلَ فِي
النَّهَارِ وَيُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ
Dia memasukkan malam ke dalam siang
dan memasukkan siang ke dalam malam. (Al Hajj: 61, Luqman: 29, Fathir: 13,
Al-Hadid: 6)
Dengan kata lain, menambahkan yang
ini dari yang itu dan menambahkan yang itu dari yang ini.
*********
Firman Allah Swt.:
وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْرِي
فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ
Bahtera yang berlayar di laut membawa
apa yang berguna bagi manusia. (Al-Baqarah: 164)
Yakni Allah menundukkan laut agar
dapat membawa berlayar perahu-perahu dari satu pantai ke pantai yang lain untuk
keperluan penghidupan manusia dan dapat dimanfaatkan oleh para penduduk yang
berada di kawasan tersebut, sebagai jalur transportasi untuk mengangkut
keperluan-keperluan dari suatu pantai ke pantai yang lainnya secara timbal
balik.
*********
Firman Allah Swt.:
وَمَا أَنزلَ اللَّهُ مِنَ
السَّمَاءِ مِنْ مَاءٍ فَأَحْيَا بِهِ الأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا
dan apa yang Allah turunkan dari
langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati
(kering)nya. (Al-Baqarah: 164)
Ayat ini semakna dengan ayat lainnya,
yaitu firman-Nya:
وَآيَةٌ لَهُمُ الْأَرْضُ الْمَيْتَةُ
أَحْيَيْناها وَأَخْرَجْنا مِنْها حَبًّا فَمِنْهُ يَأْكُلُونَ- إلى قوله-
وَمِمَّا لَا يَعْلَمُونَ
Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang
besar) bagi mereka adalah bumi yang mati. Kami hidupkan bumi itu dan Kami
keluarkan darinya biji-bijian, maka darinya mereka makan —sampai dengan
firman-Nya, "Maupun dari apa yang tidak mereka ketahui"— (Yasin:
33-36).
*********
Adapun firman Allah Swt.:
وَبَثَّ فِيهَا مِنْ كُلِّ
دَابَّةٍ
dan Dia sebarkan di bumi itu segala
jenis hewan. (Al-Baqarah: 164)
dengan berbagai macam bentuk, warna,
kegunaan, kecil, dan besar-nya. Dia Maha Mengetahui semuanya itu dan Dia
memberinya rezeki, tiada sesuatu pun yang samar bagi-Nya dari hal itu, seperti
yang disebutkan oleh firman-Nya:
وَما مِنْ دَابَّةٍ فِي
الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُها وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّها
وَمُسْتَوْدَعَها كُلٌّ فِي كِتابٍ مُبِينٍ
Dan tidak ada suatu binatang melata
pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui
tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam
Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz). (Hud: 6)
***********
Firman Allah Swt.:
وَتَصْرِيفِ الرِّيَاحِ
dan pengisaran angin. (Al-Baqarah:
164)
Yakni adakalanya datang membawa
rahmat, dan adakalanya datang membawa bencana. Adakalanya angin datang membawa
tanda yang menggembirakan, yaitu awan yang mengandung hujan; adakalanya angin
menggiringnya dan menghimpunkannya; dan adakalanya mencerai-beraikannya, lalu
mengusirnya. Kemudian adakalanya ia datang dari arah selatan yang dikenal
dengan angin syamiyah, adakalanya datang dari arah negeri Yaman, dan adakalanya
bertiup dari arah timur yang menerpa bagian muka Ka'bah, kemudian adakalanya ia
bertiup dari arah barat yang menerpa dari arah bagian belakang Ka'bah. Memang
ada sebagian orang yang menulis tentang angin, hujan, dan bintang-bintang ke
dalam banyak karya tulis, yang pembahasannya memerlukan keterangan yang panjang
bila dikemukakan di sini.
***********
Firman Allah Swt.:
وَالسَّحَابِ الْمُسَخَّرِ
بَيْنَ السَّمَاءِ وَالأَرْضِ
dan awan yang dikendalikan antara
langit dan bumi. (Al-Baqarah: 164)
Yakni bergerak antara langit dan
bumi, ditundukkan menuju tempat-tempat yang dikehendaki oleh Allah dan
dipalingkan menurut apa yang dikehendaki-Nya.
***********
Firman Allah Swt.:
لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ
sungguh (terdapat) tanda-tanda
(keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan. (Al-Baqarah: 164)
Yakni dalam kesemuanya itu
benar-benar terdapat tanda-tanda yang jelas menunjukkan keesaan Allah Swt. dan
kebesaran kekuasaan-Nya. Seperti yang disebutkan di dalam ayat lainnya, yaitu
firman-Nya:
إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ
وَالأَرْضِ وَاخْتِلافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لآيَاتٍ لأولِي الألْبَابِ *
الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِهِمْ
وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا
بَاطِلا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Sesungguhnya dalam penciptaan langit
dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi
orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil
berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang
penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), "Ya Tuhan kami, tiadalah
Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Mahasuci Engkau, maka peliharalah kami
dari siksa neraka." (Ali Imran: 190-191)
وَقَالَ الْحَافِظُ أَبُو
بَكْرِ بْنُ مَرْدُويه: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ إِبْرَاهِيمَ،
حَدَّثَنَا أَبُو سَعِيدٍ الدَّشْتَكِيّ، حَدَّثَنِي أَبِي، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ
أَشْعَثَ بْنِ إِسْحَاقَ، عَنْ جَعْفَرِ بْنِ أَبِي الْمُغِيرَةِ، عَنْ سَعِيدِ
بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: أَتَتْ قُرَيْشٌ مُحَمَّدًا صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالُوا: يَا مُحَمَّدُ إِنَّمَا نُرِيدُ أَنْ
تَدْعُوَ رَبَّكَ أَنْ يَجْعَلَ لَنَا الصَّفَا ذَهَبًا، فَنَشْتَرِيَ بِهِ
الْخَيْلَ وَالسِّلَاحَ، فَنُؤْمِنَ بِكَ وَنُقَاتِلَ مَعَكَ. قَالَ:
"أَوْثِقُوا لِي لئِنْ دعوتُ رَبِّي فجعلَ لَكُمُ الصَّفَا ذَهَبًا
لتُؤْمنُنّ بِي" فَأَوْثَقُوا لَهُ، فَدَعَا رَبَّهُ، فَأَتَاهُ جِبْرِيلُ
فَقَالَ: إِنَّ رَبَّكَ قَدْ أَعْطَاهُمُ الصَّفَا ذَهَبًا عَلَى أَنَّهُمْ إِنْ
لَمْ يُؤْمِنُوا بِكَ عَذَّبَهُمْ عَذَابًا لَمْ يُعَذِّبْهُ أَحَدًا مِنَ
الْعَالَمِينَ. قَالَ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "رَبِّ
لَا بَلْ دَعْنِي وَقَوْمِي فَلَأَدْعُهُمْ يَوْمًا بِيَوْمٍ". فَأَنْزَلَ
اللَّهُ هَذِهِ الْآيَةَ: {إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَاخْتِلافِ
اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ
النَّاسَ} الآية.
Al-Hafiz Abu Bakar ibnu Murdawaih
mengatakan, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Ahmad ibnu Ibrahim,
telah menceritakan kepada kami Sa'id Ad-Dusytuki, telah menceritakan kepadaku
ayahku, dari kakek, dari Asy'as ibnu Ishaq, dari Ja'far ibnu Abul Mugirah, dari
Sa'id ibnu Jubair, dari Ibnu Abbas yang menceritakan hadis berikut: Orang-orang
Quraisy datang kepada Nabi Saw., lalu mereka berkata, "Hai Muhammad,
sesungguhnya kami menginginkan kamu mendoakan kepada Tuhanmu agar Dia
menjadikan Bukit Safa ini emas buat kami. Untuk itu maka kami akan membeli kuda
dan senjata dengannya, dan kami akan beriman kepadamu serta berperang
bersamamu." Nabi Saw. menjawab, "Berjanjilah kalian kepadaku, bahwa
sekiranya aku berdoa kepada Tuhanku, kemudian Dia menjadikan bagi kalian Bukit
Safa emas, kalian benar-benar akan beriman kepadaku." Maka mereka
mengadakan perjanjian dengan Nabi Saw. untuk hal tersebut. Lalu Nabi Saw.
berdoa kepada Tuhannya, dan datanglah Malaikat Jibril kepadanya, lalu berkata, "Sesungguhnya
Tuhanmu sanggup menjadikan Bukit Safa emas buat mereka, dengan syarat jika
mereka tidak juga beriman kepadamu, maka Allah mengazab mereka dengan siksaan
yang belum pernah Dia timpakan kepada seorang pun di antara makhluk-Nya.” Nabi
Muhammad Saw. berkata, "Wahai Tuhanku, tidak, lebih baik biarkanlah aku
dan kaumku. Aku akan tetap menyeru mereka dari hari ke hari.” Maka Allah Swt.
menurunkan firman-Nya, "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi,
silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa
yang berguna bagi manusia.” (Al-Baqarah: 164), hingga akhir ayat.
Ibnu Abu Hatim meriwayatkannya pula
dari jalur lain melalui Ja'far ibnu Abul Mugirah dengan lafaz yang sama. Ia
menambahkan di akhirnya:
وَكَيْفَ يَسْأَلُونَكَ عَنِ
الصَّفَا وَهُمْ يَرَوْنَ مِنَ الْآيَاتِ مَا هُوَ أَعْظَمُ مِنَ الصَّفَا.
(Malaikat Jibril berkata),
"Mengapa mereka meminta kepadamu Bukit Safa (agar dijadikan emas), padahal
mereka melihat tanda-tanda kekuasaan Allah yang lebih besar daripada Bukit Safa
itu?"
Ibnu Abu Hatim mengatakan pula, telah
menceritakan kepada kami ayahku, telah menceritakan kepada kami Abu Huzaifah,
telah menceritakan kepada kami Syibl, dari Ibnu Abu Nujaih, dari Ata yang
menceritakan bahwa diturunkan ayat berikut kepada Nabi Saw. ketika di Madinah,
yaitu firman-Nya: Dan Tuhan kalian adalah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan
melainkan Dia, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (Al-Baqarah: 163) Maka
orang-orang kafir Quraisy di Mekah berkata, "Bagaimanakah dapat memenuhi
manusia semuanya hanya dengan satu Tuhan?" Lalu Allah Swt. menurunkan
firman-Nya: Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya
malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi
manusia —sampai dengan firman-Nya— sungguh (terdapat) tanda-tanda (kebesaran
dan keesaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. (Al-Baqarah: 164)
Dengan demikian, maka mereka
mengetahui bahwa Tuhan adalah Yang Maha Esa, dan Dia adalah Tuhan segala
sesuatu serta Yang Menciptakan segala sesuatu.
Waki' ibnul Jarrah mengatakan, telah
menceritakan kepada kami Sufyan, dari ayahnya, dari Abud Duha, bahwa ketika
firman-Nya berikut diturunkan: Dan Tuhan
kalian adalah Tuhan Yang Maha Esa. (Al-Baqarah: 163), hingga akhir ayat. Maka
orang-orang musyrik berkata, "Sekiranya demikian, hendaklah dia (Nabi
Saw.) mendatangkan kepada kami suatu tanda (bukti)." Lalu Allah Swt.
menurunkan firman-Nya: Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih
bergantinya malam dan siang —sampai dengan firman-Nya— kaum yang memikirkan.
(Al-Baqarah: 164)
Adam ibnu Iyas meriwayatkan pula dari
Abu Ja'far (yakni Ar-Razi), dari Sa'id ibnu Masruq (orang tua Sufyan), dari
Abud Duha dengan lafaz yang sama.
0 Comments
Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link di komentar tidak akan ditampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.