Daftar Isi:
11. Khutbah Hari Raya
Hukum khutbah hari raya adalah sunnah. Demikian pula mendengarnya.
عن أبي سعيد قال: كان النبي صلى الله عليه وسلم يخرج يوم
الفطر والاضحى إلى المصلى
Abu Sa'id berkata, pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, Rasulullah saw. pergi ke tempat shalat.
Perbuatan yang dilakukan pertama kali adalah shalat hari raya. Setelah itu,
beliau menghadap jamaah yang sedang duduk, lalu menyampaikan petuah, nasihat,
dan menyuruh mereka agar berbuat amal kebaikan. Jika hendak mengirim suatu
pasukan ke suatu tempat atau ada hal-hal yang perlu dilakukan dengan segera,
saat itulah beliau memerintahkannya. Setelah itu, beliau pulang ke rumah.
Seterusnya,
قال أبو سعيد: فلم يزل الناس على ذلك حتى خرجت مع مروان
وهو أمير المدينة في أضحى أو فطر، فلما أتينا المصلى إذا منبر بناه كثير بن الصلت،
فإذا مروان يريد أن يرتقيه قبل أن يصلي فجبذت بثوبه فجبذني فارتفع فخطب قبل
الصلاة. فقلت له: غيرتم والله. فقال: أبا سعيد! ... قد ذهب ما تعلم. فقلت: ما أعلم
والله خير مما لا أعلم. فقال: إن الناس لم يكونوا يجلسون لنا بعد الصلاة فجعلتها
قبل الصلاة. متفق عليه.
Abu Saïd menceritakan, demikianlah tradisi ini dilakukan hingga beberapa
waktu yang cukup lama, hingga pada suatu ketika aku pergi untuk shalat hari
raya dengan Marwan. Pada waktu itu, dia menjadi gubernur di Madinah. Aku tidak
dapat memastikan, apakah hari itu hari raya Idul Fitri atau Idul Adha.
Setibanya di tempat shalat, terlihat sebuah mimbar yang disediakan oleh Katsir
bin Shalat. Tiba-tiba Marwan hendak naik mimbar sebelum shalat hari raya. Aku
pun menarik bajunya, tapi dia membalas tarikan itu dan terus naik lalu
berkhutbah sebelum shalat. Kemudian aku katakan kepadanya, demi Allah, engkau
telah mengubah tradisi yang selama ini kami lakukan! Marwan menjawab, wahai Abu
Sa'id, apa yang kalian ketahui sekarang ini sudah tak ada lagi. Aku pun
menjawab, demi Allah, apa yang aku ketahui itu lebih baik daripada apa yang
tidak aku ketahui. Marwan berkata, orang-orang itu tidak ingin mendengarkan
khutbahku apabila dibacakan setelah shalat. Oleh karena itu, aku menyampaikan
khutbah sebelum shalat.' HR Bukhari (956), Muslim (889)
وعن عبد الله بن السائب قال: شهدت مع رسول الله صلى الله
عليه وسلم العيد فلما قضى الصلاة قال: (إنا نخطب فمن أحب أن يجلس للخطبة فليجلس
ومن أحب أن يذهب فليهذب) رواه النسائي وأبو داود وابن ماجه
Abdullah bin Sa'id berkata, aku pernah menghadiri shalat hari raya bersama
Rasulullah saw.. Setelah selesai shalat, beliau bersabda, "Kami
sekarang akan menyampaikan khutbah. Siapa yang ingin duduk untuk mendengarnya,
duduklah. Tetapi siapa yang hendak pergi, dia boleh pergi."? HR Nasai
(1/185), Abu Dawud (1155), Ibnu Majah (1290).
Keterangan yang menyatakan bahwa dua khutbah hari raya harus dipisahkan dengan
duduk adalah dhaif.
قال النووي: لم يثبت في تكرير الخطبة شئ ويستحب افتتاح
الخطبة بحمد الله تعالى، ولم يحفظ عن رسول الله صلى الله عليه وسلم غير هذا
Imam Nawawi berkata,“Tidak terdapat satu hadits pun yang menjelaskan bahwa
khutbah harus diulangi dua kali,tetapi disunnahkan membaca tahmid. Selain itu,
tidak ada hadits Rasulullah saw. yang menjelaskan hal itu.”
قال ابن القيم: كان صلى الله عليه وسلم يفتتح خطبه كلها
بالحمد لله ولم يحفظ عنه في حديث واحد أنه كان يفتتح خطبتي العيد بالتكبير، وإنما
روى ابن ماجه في سننه عن سعيد، مؤذن النبي صلى الله عليه وسلم، أنه كان يكبر بين
أضعاف الخطبة ويكثر التكبير في خطبة العيدين
Ibnu Qayyim berkata, “Rasulullah saw. membuka khutbah beliau dengan bacaan hamdalah dan tidak ada satu hadits pun yang menyebutkan bahwa beliau memulai khutbah hari raya dengan membaca takbir. Ibnu Majah meriwayatkan dalam Sunannya dari Saad selaku muazin Rasulullah saw., bahwa beliau bertakbir di sela-sela khutbah dan memperbanyak takbir dalam khutbah hari raya.' (Ibnu Majah (1297)
Tetapi hadits ini tidak bermaksud bahwa beliau memulai khutbah dengan
takbir.
Para ulama berbeda pendapat mengenai pembukaan khutbah pada khutbah hari
raya dan shalat istisqa. Ada yang mengatakan bahwa pada khutbah hari raya harus
dimulai dengan membaca takbir, sedangkan khutbah istisqa' dengan membaca
istighfar. Ada pula yang berpendapat bahwa semuanya dimulai dengan membaca
tahmid.
قال شيخ الاسلام تقي الدين: هو الصواب، لان النبي صلى
الله عليه وسلم قال: (كل أمر ذي بال لا يبدأ فيه بالحمد فهو أجذم وكان صلى الله
عليه وسلم يفتتح خطبه كلها بالحمد لله، وأما قول كثير من الفقهاء: أنه يفتتح خطب
الاستسقاء بالاستغفار وخطبة العيدين بالتكبير فليس معهم فيها سنة عن النبي صلى
الله عليه وسلم البتة، والسنة تقضي خلافه، وهو افتتاح جميع الخطب بالحمد لله
Syaikhul Islam Taqiyyuddin Ibnu Taimiyyah menyatakan bahwa pendapat kedua
yang benar, berdasarkan sabda Rasulullah saw.,Di samping itu, Rasulullah saw.
selalu membuka khutbah dengan hamdalah. Adapun perkataan ulama fikih bahwa
khutbah istisqa' hendaknya dimulai dengan membaca istighfar, sedangkan khutbah
hari raya dengan membaca takbir, hal itu tidak berdasarkan pada Sunnah
Rasulullah saw. sama sekali. Bahkan, Sunnah beliau berlainan dengan perkataan
para ulama tersebut. Sebab, Rasulullah saw. selalu membuka khutbah beliau
dengan bacaan hamdalah.”
12. Hukum Mengqadha' Shalat Hari Raya
Abu Umair bin Anas berkata, pamanku dari kalangan Anshar yang termasuk
sahabat
Rasulullah saw. menceritakan kepadaku sebagai berikut:
أغمي علينا هلال شوال وأصبحنا صياما فجاء ركب من آخر
النهار فشهدوا عند رسول الله صلى الله عليه وسلم أنهم رأوا الهلال بالامس فأمرهم
رسول الله أن يفطروا وأن يخرجوا إلى عيدهم من الغد. رواه أحمد والنسائي وابن ماجه
بسند صحيح
Hilal bulan Syawal tertutupi awan hingga kami tidak dapat melihatnya. Kami
pun tetap berpuasa pada pagi harinya. Menjelang petang, satu kafilah menemui
Rasulullah dan bersaksi di hadapan beliau bahwa mereka melihat hilal semalam.
Ketika itu,Rasulullah saw. menyuruh kaum Muslimin supaya berbuka dan pergi
shalat hari raya keesokan harinya.'HR Ahmad,Nasai dan Ibnu Majah dengan sanad
sahih.
(Ahmad (5/58), Nasai (3/180), Ibnu Majah (1653). Diriwayatkan pula oleh Nasai (3/180)
Hadits ini dijadikan sebagai dalil oleh ulama yang berpendapat bahwa jika
suatu sekumpulan orang ketinggalan melakukan shalat hari raya karena suatu
halangan, maka mereka diperbolehkan melakukannya pada keesokan harinya.
13. Hukum Mengadakan Permainan, Pertunjukan, Nyanyian dan Semacamnya
Hukum Mengadakan Permainan, Pertunjukan, Nyanyian, dan Acara Makan Mengadakan
permainan, pertunjukan, dan nyanyian yang sopan (tidak keluar dari turan syara,
red) termasuk syiar agama yang disyariatkan Allah pada hari raya sebagai salah
satu bentuk olahraga dan untuk membangkitkan semangat di hati.
قال أنس: قدم النبي صلى الله عليه وسلم المدينة ولهم
يومان يلعبون فيهما قال: (قد أبدلكم الله تعالى بهما خيرا منهما يوم الفطر
والاضحى) رواه النسائي وابن حبان بسند صحيح.
Anas berkata, Rasulullah saw. tiba di Madinah di saat penduduknya mempunyai
dua hari raya yang mereka gunakan untuk mengadakan permainan dan bergembira.
Melihat itu, beliau bersabda, "Sungguh Allah telah mengganti kedua hari
raya kalian ini dengan dua hari raya yang lebih baik dari itu; Idul Fithri dan
'Idul Adha. HR. Nasai (3/179) dan Ibnu Hibban dengan sanad sahih.
وقالت عائشة: إن الحبشة كانوا يلعبون عند رسول الله صلى
الله عليه وسلم في يوم عيد فاطلعت من فوق عاتقه فطأطأ لي منكبيه فجعلت أنظر إليهم
من فوق عاتقه حتى شبعت ثم انصرفت رواه أحمد والشيخان
Dari Aisyah, dia berkata, orang-orang Habasyah suka mengadakan per-mainan
di tempat Rasulullah saw. pada hari raya. Aku pun melongokkan kepala di atas
bahu beliau, dan beliau pun merendahkan kedua bahu beliau sehingga aku dapat
menyaksikan permainan itu dari atas bahu beliau. Aku melihatnya sampai puas,
kemudian aku pergi. HR Ahmad (6/233) dan Syaikhain (Bukhari (454), Muslim (892)
(18)
ورووا أيضا عنها قالت: دخل علينا أبو بكر في يوم عيد
وعندنا جاريتان تذكران يوم بعاث يوما قتل فيه صناديد الاوس والخزرج، فقال أبو بكر:
عباد الله أمزمور الشيطان (قالها ثلاثا) فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم (يا
أبا بكر إن لكل قوم عيدا وإن اليوم عيدنا) :
Dari Aisyah ra., dia berkata, pada suatu hari raya, Abu Bakar masuk ke
tempat kami yang saat itu ada dua orang budak perempuan yang sedang menyanyikan
syair-syair mengenai peristiwa perang Bu'ats, 'di mana banyak tokoh-tokoh dari
suku Aus dan suku Khazraj yang terbunuh. Melihat hal itu, Abu Bakar
berkata,wahai para hamba Allah, bukankah ini nyanyian setan? Perkataan ini
diulangi hingga tiga kali. Kemudian Rasulullah saw.bersabda, "Wahai Abu
Bakar, sesungguhnya tiap-tiap kaum mempunyai hari raya dan hari ini adalah hari
raya kita."HR Ahmad dan Muslim.
ولفظ البخاري قالت عائشة: دخل علي رسول الله صلى الله
عليه وسلم وعندي جاريتان تغنيان بغناء بعاث فاضطجع على الفراش وحول وجهه، ودخل أبو
بكر فانتهرني وقال: مزمارة الشيطان عند النبي صلى الله عليه وسلم! فأقبل عليه
النبي صلى الله عليه وسلم فقال: (دعهما) فلما غفل غمزتهما فخرجتا، وكان يوم عيد
يلعب السودان بالدرق والحراب فإما سألت النبي صلى الله عليه وسلم وإما قال:
(تشتهين تنظرين؟) فقلت: نعم، فأقامني وراءه، خدي على خده وهو يقول: (دونكم يا بني
أرفدة) حتى إذا ملك قال (حسبك؟) قلت: نعم. قال: (فاذهبي)
Dalam redaksi Bukhari dinyatakan bahwa Rasulullah saw. masuk ke tempatku. Kebetulan
di sana ada dua orang budak perempuan sedang menyanyikan syair-syair perang
Bu'ats. Beliau terus masuk dan berbaring di ranjang sambil memalingkn kepala.
Tiba-tiba, Abu Bakar masuk dan menegurku dengan keras, “Kalian sungguh berani
meniup seruling setan di depan Rasulullah? Mendengar itu, Rasulullah saw.
menoleh kepadanya lalu bersabda, "Biarkanlah mereka.” Setelah beliau tidak
memperhatikan lagi,aku pun memberi isyarat kepada mereka supaya keluar, dan
mereka pun pergi. Setiap hari raya, banyak orang Sudan mengadakan permainan
senjata' dan perisai. Kadang aku meminta kepada Rasulullah saw. untuk melihat,
dan kadang bersentuhan, lalu beliau bersabda, “Teruskan,wahai Bani
Arfadah.”Demikianlah hingga apabila aku merasa bosan, beliau bertanya,“Cukupkah?”Dan
aku menjawab, cukup. "Kalau begitu,pergilah,"Pinta beliau. (Bukhari
(952), Muslim (892) (16) (19)
قال الحافظ في الفتح وروى ابن السراج من طريق أبي الزناد
عن عروة عن عائشة أنه صلى الله عليه وسلم قال يومئذ: (لتعلم يهود المدينة أن في
ديننا فسحة، إني بعثت بحنيفية سمحة)
Dalam hal ini, al-Hafizh berkata dalam Fath al-Bâri, “Ibnu Siraj meriwayatkan dari Abu Zinad dari Urwah, dari Aisyah ra., bahwa Rasulullah saw. pada waktu itu bersabda, "Agar orang-orang Yahudi Madinah tahu bahwa dalam agama kita terdapat keleluasaan.Sesungguhnya aku diutus untuk membawa agama yang lurus dan toleran."
Imam Ahmad dan Muslim meriwayatkan dari Nubaisyah, bahwasanya Rasulullah saw.bersabda,
أيام التشريق أيام أكل وشرب، وذكر لله عزوجل
"Hari Tasyrik adalah hari untuk makan, minum, dan berdzikir kepada
Allah swt." Muslim (1141), Ahmad (5/75), Nasai (7/170)
14. Keutamaan Melakukan Amal Kebajikan Pada Hari Pertama Hingga Tanggal 10 Dzulhijjah
Dari Ibnu Abbas ra., bahwasanya Rasulullah saw.bersabda,
ما من أيام العمل الصالح أحب إلى الله عز وجل من هذه
الايام) (يعني أيام العشر) : قالوا: يا رسول الله ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال:
(ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله ثم لم يرجع بشئ من ذلك) رواه
الجماعة إلا مسلما والنسائي
"Tidak ada hari-hari, dimana amal kebajikan lebih disukai oleh Allah swt. daripada hari-hari ini." Maksudnya hari pertama hingga kesepuluh Dzulhijjah. Para sahabat bertanya, wahai Rasulullah, meski dibandingkan dengan berjihad di jalan Allah sekalipun? Beliau menjawab, “Meskipun dibandingkan dengan berjihad di jalan Allah, kecuali seseorang yang berjuang dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak satu pun di antara keduanya itu yang kembali (mati syahid)." HR al-Jama'ah kecuali Muslim dan Nasai (Ahmad (1/338), Bukhari (969), Abu Dawud (2438), Tirmidzi (757), Ibnu Majah (1727).
Imam Ahmad dan Thabrani meriwayatkan dari Ibnu Umar, dia berkata,
Rasulullah saw.bersabda,
ما من أيام أعظم عند الله سبحانه ولا أحب إلى الله العمل
فيهن من هذه الايام العشر فأكثروا فيهن من التهليل والتكبير والتحميد) وقال ابن
عباس في قوله تعالى (ويذكروا اسم الله في أيام معلومات) هي أيام العشر
"Tidak ada hari yang lebih agung di sisi Allah swt. dan lebih
disukai-Nya untuk digunakan beramal, daripada hari sepuluh hari ini. Maka,
perbanyaklah membaca tahlil, takbir, dan tahmid pada hari-hari ini." (Ahmad
(2/75), Abd ibn Humaid (708), adapun riwayat Thabrani ialah dari Ibnu Abbas
(11116)
وقال ابن عباس في قوله تعالى (ويذكروا اسم الله في أيام
معلومات) هي أيام العشر
Ibnu Abbas menafsirkan bahwa yang dimaksud dengan firman Allah, “Dan supaya
mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan.”(Al-Hajj [22]: 28)
adalah hari yang kesepuluh dari bulan Dzulhijah.
وكان ابن عمر وأبو هريرة يخرجان إلى السوق في أيام العشر يكبران
ويكبر الناس بتكبيرهما. رواه البخاري
Ibnu Umar dan Abu Hurairah keluar menuju pasar pada sepuluh
hari itu sambil membaca takbir dan kaum Muslimin pun ikut bertakbir bersama
mereka.' HR. Bukhari secara ta'liq (2/457).
وكان سعيد ابن جبير إذا دخل أيام العشر اجتهد اجتهادا
شديدا حتى ما يكاد يقدر عليه.
Sa’id bin Jubair apabila masuk hari-hari sepuluh (Dzulhijjah) ia bersungguh-sungguh
sampai hampir tidak mampu menandinginya.
وقال الاوزاعي: بلغني أن العمل في اليوم من أيام العشر
كقدر غزوة في سبيل الله يصام نهارها ويحرس ليلها إلا أن يختص امرؤ بشهادة.
Al-Auza’i berkata, “Telah sampai kepadaku bahwasanya amal di sepuluh hari
awal bulan Dzulhijjah pahalanya seperti berperang di jalan Allah, siang harinya
diisi dengan puasa dan malam harinya dengan giat (beribadah), kecuali seseorang
yang telah dikhususkan dengan syahadah (mati syahid)”. Telah menceritakan
kepadaku dengan hadits ini seorang dari Bani Makhzum, dari Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam
قال الاوزاعي: حدثني بهذا الحديث رجل من بني مخزوم عن
النبي صلى الله عليه وسلم.
Al-Auza’i berkata, Telah
menceritakan kepadaku dengan hadits ini oleh seseorang dari Bani Makhzum dari
Nabi Saw.
وروى عن أبي هريرة أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: (ما
من أيام أحب إلى الله أن يتعبد له فيها من عشر ذي الحجة يعدل صيام كل يوم منها
بصيام سنة وقيام كل ليلة منها بقيام ليلة القدر.) رواه الترمذي وابن ماجه والبيهقي
"Tidak ada hari yang lebih disukai Allah untuk beribadah daripada
sepuluh hari Dzulhijjah. Berpuasa pada setiap harinya setara dengan berpuasa
selama satu tahun, dan shalat pada malam harinya setara dengan shalat pada
malam Lailatul Qadar. HR Tirmidzi (758), Ibnu Majah (1728), Baihaqi dalam
Asy-Syu'b (3757).
15. Anjuran Memberi Ucapan Selamat (Tahni-ah) Hari Raya
عن جبير بن نفير قال: كان أصحاب رسول الله صلى الله عليه
وسلم إذا التقوا يوم العيد يقول بعضهم لبعض: (تقبل منا ومنك) . قال الحافظ إسناده
حسن
Dari Jubair bin Nafir, dia berkata,apabila sahabat-sahabat Rasulullah saw.
berjumpa antara satu sama lainnya pada hari raya, mereka saling
mengucapkan, "Semoga Allah menerima amal kami dan amalmu."?
Menurut al-Hafizh, sanad hadits ini baik.
Bertakbir Pada Hari Raya. Bertakbir pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha adalah sunnah.
16. Terkait Takbir Saat Id
Takbir Idul Fitri Allah swt. berfirman,
ولتكملوا العدة ولتكبروا الله على ما هداكم ولعلكم
تشكرون
"Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu
mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu
bersyukur."(Al-Baqarah [2]:185)
Sedangkan pada saat Idul Adha, Allah swt. berfirman,
واذكروا الله في أيام معدودات
"Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang
terbilang." (Al -Baqarah [2]:203)
كذلك سخرها لكم لتكبروا الله على ما هداكم
"Demikianlah Allah Telah menundukkannya untukmu supaya kamu
mengagungkan
Allah atas hidayah-Nya kepada kamu." (Al-Hajj [22]:37)
وجمهور العلماء على أن التكبير في عيد الفطر من وقت
الخروج إلى الصلاة إلى ابتداء الخطبة
Mayoritas ulama berpendapat bahwa takbir pada hari raya Idul Fitri dimulai
sejak waktu pergi shalat hingga khutbah dimulai.
Dalam hal ini terdapat beberapa hadits, namun kesemuanya dhaifkecuali
riwayat hadits sahih dari Ibnu Umar dan sahabat-sahabat lainnya. Hakim berkata,
“Ini merupakan Sunnah yang masyhur di kalangan ulama hadits.” Ini juga
merupakan pendapat Malik, Ishaq,Ahmad,dan Abu Tsaur.
Sebagian ulama berpendapat bahwa takbir dimulai sejak hilal terlihat pada
malam hari
raya Idul Fitri hingga pagi hari ketika hendak pergi menuju tempat shalat
atau hingga imam berangkat untuk shalat.
ووقته في عيد الاضحى من صحيح يوم عرفة إلى عصر أيام
التشريق وهي اليوم الحادي عشر، والثاني عشر، والثالث عشر من ذي الحجة.
Waktu bertakbir pada hari raya Idul Adha dimulai pada Subuh hari Arafah
hingga akhir petang hari tasyrik, yaitu tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah.
قال الحافظ في الفتح: ولم يثبت في شئ من ذلك عن النبي
صلى الله عليه وسلم حديث، وأصح ما ورد فيه عن الصحابة قول علي وابن مسعود إنه من
صبح يوم عرفة إلى عصر آخر أيام منى. أخرجه ابن المنذر وغيره
Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Fath al-Bâri berkata, “Tidak ada keterangan
hadits dari Rasulullah saw. dalam masalah ini. Dan riwayat paling sahih dari
para sahabat Rasulullah saw. adalah keterangan dari Ali dan Ibnu Mas'ud, bahwa
takbir pada Idul Adha dimulai sejak Subuh hari Arafah hingga Ashar hari
terakhir di Mina.' HR Ibnu Mundzir dan yang lainnya. Ini pula pendapat yang
dianut oleh imam Syafi'ï, Ahmad, Abu Yusuf, dan Muhammad. Dan ini pula mazhab
Umar serta Ibnu Abbas.
Disunnahkan bertakbir pada hari-hari tasyrik tanpa dibatasi waktu tertentu;
takbir
boleh dilakukan pada setiap waktu sepanjang hari-hari tasyrik.
قال البخاري: وكان عمر رضي الله عنه يكبر في قبته بمنى
فيسمعه أهل المسجد فيكبرون ويكبر أهل السوق حتى يرتج منى تكبيرا.
Imam Bukhari' berkata, Umar ra. bertakbir di dalam tendanya ketika berada
di Mina, lalu didengar oleh orang-orang yang berada di masjid dan mereka
mengikuti takbirnya,bahkan orang-orang yang berada di pasar pun ikut ber-takbir
dengannya, hingga gema takbir bergemuruh di setiap penjuru Mina. (Bukhari
secara ta'liq (2/457)
وكان ابن عمر يكبر بمنى تلك الايام وخلف الصلوات وعلى
فراشه وفي فسطاطه ومجلسه وممشاه تلك الايام جميعا، وكانت ميمونة تكبر يوم النحر، وكان النساء يكبرن خلف أبان بن عثمان وعمر بن عبد العزيز ليالي
التشريق مع الرجال في المسجد
Pada hari-hari tasyrik, Ibnu Umar bertakbir di Mina, setelah shalat, di
atas pembaringan, dalam keadaan duduk, ketika berjalan, di dalam kemah atau di
tempat mana pun dia berada.
Maimunah bertakbir pada hari raya kurban. Wanita yang lainnya banyak yang
bertakbir di masjid bersama kaum laki-laki yang dipimpin oleh Abban bin Utsman
dan Umar bin Abdul Aziz."
قال الحافظ: وقد اشتملت
هذه الاثار على وجود التكبير في تلك الايام عقب الصلوات وغير ذلك من الاحوال
Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata, “Apa yang dikerjakan para sahabat dan
generasi tabi'in tersebut menyatakan adanya bacaan takbir sepanjang hari-hari
tasyrik, baik setelah shalat ataupun di tempat-tempat yang lain.
Para ulama berselisih pendapat berkaitan dengan waktu membaca takbir. Sebagian
ulama membolehkannya setiap kali selesai shalat, dan ada yang mengatakan bahwa
takbir dilakukan setiap kali selesai mengerjakan shalat fardhu, bukan setelah
shalat sunnah. Ada yang mengkhususkan untuk kaum laki-laki saja, sedangkan
wanita tidak dibolehkan bertakbir.
Ada yang menegaskan bahwa takbir hanya dilakukan ketika shalat berjamaah
dan tidak disunnahkan apabila shalat sendirian. Selain itu, ada pula yang
mengatakan hanya untuk shalat-shalat yang dikerjakan pada waktunya saja,
sedangkan pada shalat qadha'tidak diperbolehkan membaca takbir.
Ada lagi yang membatasi hanya untuk orang-orang yang mukim, sementara orang
yang bepergian tidak diperbolehkan bertakbir. Ada yang mengkhususkan bagi
penduduk kota, sedangkan penduduk kampung tidak dibenarkan membacanya. Pendapat
yang menjadi pilihan Bukhari adalah bertakbir dapat dilakukan pada semua waktu
dan keadaan tersebut, dan berbagai atsar yang meliputi perbuatan dan perkataan
para sahabat dan tabi'in mendukung pendapat yang dianutnya.”
Selanjutkan al-Hafizh Ibnu Hajar mengatakan,
وأصح ما ورد فيها ما رواه عبد الرزاق عن سلمان بسند صحيح
قال
Terdapat beberapa bentuk lafal takbir, tetapi menurut keterangan yang
paling sahih adalah dalam hadits yang diriwayatkan Abdurrazaq dari Salman
dengan sanad yang sahih,dia berkata,
كبروا: الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر كيرا.
"Bertakbirlah; Allah Maha Besar, Allah Maha Besar,Allah Maha Besar,
sungguh Maha Besar." (Baihaqi dalam al-Kubra (3/316)
Dari Umar dan Ibnu Mas'ud bahwa lafalnyaadalah sebagai berikut,
وجاء عن عمر وابن مسعود: الله أكبر الله أكبر لا إله إلا
الله، والله أكبر الله أكبر ولله الحمد
"Allah Maha Besar,Allah Maha Besar,tiada Tuhan selain Allah,Allah Maha Besar,Allah Maha Besar, dan bagi Allah segala pujian." Lihat Nailul-Authar (2/621)
Referensi :
Fiqih Sunnah karya Syekh Sayyid Sabiq (hal. 224)
0 Comments
Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link di komentar tidak akan ditampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.