Fiqih Sunnah : Puasa Sunnah dan Macam-macamnya

 

Fiqih Sunnah : Puasa Sunnah dan Macam-macamnya

Rasulullah saw. sangat menganjurkan untuk puasa pada hari-hari berikut:

1. Enam Hari pada Bulan Syawal

Imam Muslim,Tirmidzi, Ahmad, Ibnu Majah, dan Abu Daud meriwayatkan dari Abu Ayub al-Anshari bahwa Rasulullah bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَالٍ فَكَأَنَّمَا صَامَ الدَّهْرَ. روَاه مسلم وأبو داود والترمذي وابن ماجه واحمد

"Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan lalu dilanjutkan dengan enam hari di bulan Syawal,seakan-akan dia berpuasa sepanjang tahun." (HR. Muslim (1164), Abu Dawud (2433), Tirmidzi (1759), Ibnu Majah (1716), Ahmad (5/417)

Menurut Ahmad, puasa bulan Syawal boleh dilakukan secara berturut-turut dan juga boleh dilakukan dengan tidak berturut-turut; tidak ada keutamaan baik melakukannya secara berturut-turut maupun tidak. Sedangkan menurut mazhab Hanafi dan mazhab Syafii,diutamakan melakukan puasa bulan Syawal secara berturut-turut, yaitu dimulai setelah hari raya.s

2. Hari Arafah Selain Orang yang Sedang Melaksanakan Ibadah Haji

Dari Abu Qatadah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda,

صَوْمُ يَوْمَ عَرَفَةَ، يُكَفِّرُ سَنَتَيْنِ، مَاضِيَةً، وَمُسْتَقْبِلَةً، وَصَوْمُ يَوْم عَاشُوْرَاءَ يُكَفِّرُ سَنَةً مَاضِيَةً. رواه الجماعة إلا البخاري، والترمذي

"Puasa pada hari Arafah dapat menghapuskan dosa selama dua tahun,yaitu tahun yang lalu dan tahun yang akan datang. Dan puasa pada hari Asyura dapat menghapuskan dosa tahun yang lalu."' HR. al-Jama’ah kecuali Bukhari dan Muslim (Ahmad (5/311), Muslim (1162), Abu Dawud (2425), Nasai dalam al-Kubra (2801), Ibnu Majah (1730)

Dari Hafshah, dia berkata,

أَرْبَعٌ لَمْ يَكُنْ يَدْعُهُنَّ رَسُوْلُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: صِيَامُ عَاشُوْرَاءَ وَالْعَشْرُ  وَثَلاَثَةُ أَيَامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ، وَالرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ. رواه أحمد، والنسائي

ada empat perkara yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah saw., yaitu puasa Asyura, puasa hari Arafah, puasa tiga hari pada setiap bulan, dan shalat sunnah dua rakaat sebelum shalat Shubuh. HR Ahmad dan Nasai. (Ahmad (6/287), Nasai (4/220)

Dari Uqbah bin Amir bahwa Rasulullah saw. bersabda,

يَوْمُ عَرَفَةَ، وَيَوْمُ النَّحْرِ، وَأَيَامُ التَشْرِيْقِ، عِيْدُنَا - أَهْلِ الْاِسْلَامِ - وَهِيَ أَيَامَ أَكْلٍ وَشُرْبٍ ". رواه الخمسة، إلا ابن ماجه. وصححه الترمذي

"Hari Arafah, hari raya kurban dan hari tasyrik adalah hari raya kita, umat Islam. Hari tersebut merupakan hari untuk makan dan minum." HR. Imam yang Lima kecuali Ibnu Abbas. Hadits ini dinyatakan sahih oleh Tirmidzi.

(Ahmad (4/152), Bukhari, Muslim, Abu Dawud (2419), Tirmidzi (773), Nasai (5/252).

Dari Abu Hurairah ra., dia berkata,

نَهَى رَسُوْلُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم عَنْ صَوْمِ يَوْم عَرَفَةَ بِعَرَفَاتٍ. رواه أحمد وأبو داود والنسائي، وابن ماجه

Rasulullah saw. melarang puasa pada hari Arafah ketika berada di Arafah." HR. Ahmad (2/446), Abu Dawud (2440), Nasai (5/278)

Tirmidzi berkata,

قَدِ اسْتَحَبُّ أَهْلُ الْعِلْمِ، صِيَامَ يَوْم عَرَفَةَ إِلاَّ بِعَرَفَةٍ

Para ulama memandang sunnah puasa pada hari Arafah kecuali jika berada di Arafah.

Dari Ummu Fadhl, dia berkata,

أَنَّهُمْ شَكَّوْا فِي صَوْمِ رَسُوْلِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَوْمَ عَرَفَةَ، فَأَرْسَلْتُ إِلَيْهِ بِلَبَنٍ، فَشَرَبَ، وَهُوَ يَخْطُبُ النَّاسَ بِعَرَفَةٍ. متفق عليه

mereka meragukan apakah Rasulullah berpuasa pada hari Arafah? Aku pun mendatangi beliau dengan membawakan susu. Kemudian beliau minum saat beliau sedang menyampaikan khutbah kepada kaum Muslimin di Arafah.' HR. Bukhari (1988), Muslim (1123).

Diriwayatkan pula oleh Imam Ahmad (6/340)


3. Shaum Muharram dan Penekanan Shaum Asyura dan Sehari sebelum dan Sesudahnya

Dari Abu Hurairah ra., dia berkata,

سُئِلَ رَسُوْلُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم، أَيُّ الصَلاَةِ أَفْضَلُ بَعْدَ الْمَكْتُوْبَةِ؟ قَالَ: " الَصَّلاَةُ فِي جَوْفِ اللَّيْلِ ". قِيْلَثُمَّ أَيُّ الصِيَامِ أَفْضَلُ بَعْدَ رَمَضَانَ؟ قَالَ: " شَهْرُ اللَّهِ  اَلذِي تَدْعُوْنَهُ الْمُحَرَّمَرواه أحمد، ومسلم، وأبو داود

Rasulullah saw. pernah ditanya,shalat apa yang paling utama setelah shalat wajib?Beliau menjawab,"Shalat sunnah di tengah malam.” Beliau ditanya lagi, puasa apa yang paling utama setelah puasa Ramadhan? Beliau menjawab, “Puasa di bulan Allah yang kalian namakan bulan Muharram.” HR. Ahmad (2/303. 342, 344, 535), Muslim (1163), Abu Dawud (2429)

Dari Mu'awiyah bin Abu Sufyan, dia berkata, aku mendengar Rasulullah saw.bersabda,

إِنَّ هَذَا يَوْمُ عَاشُوْرَاءَ، وَلَمْ يَكْتُبْ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ، وَأَنَا صَائِمٌ، فَمَنْ شَاءَ صَامَ، وَمَنْ شَاءَ فَلْيُفْطِرْمتفق عليه

"Hari ini adalah hari Asyura dan kalian tidak diwajibkan puasa pada hari ini. Sedangkan aku sekarang berpuasa pada hari ini. Siapa yang menghendaki,dia boleh berpuasa,dan siapa yang menghendaki dia boleh tidak berpuasa."' Muttafaq Alaih (Bukhari (2003), Muslim (1129). Dan diriwayatkan oleh Ahmad (4/97)

Dari Aisyah ra., dia berkata,

كَانَ يَوْمُ عَاشُوْرَاءَ يَوْمًا تَصُوْمُهُ قُرَيْشٌ، فِي الْجَاهِلِيَّةِ، وَكَانَ رَسُوْلُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَصُوْمُهُ، فَلَمَّا قَدِمَ الْمَدِيْنَةَ صَامَهُ، وَأَمَرَ النَّاسَ بِصِيَامِهِفَلَمَّا فُرِضَ رَمَضَانُ قَالَ: " مَنْ شَاءَ صَامَهُ وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ ". متفق عليه

hari Asyura merupakan hari puasa orang-orang Quraisy pada masa jahiliah. Rasulullah saw. juga berpuasa pada hari Asyura. Begitu datang ke Madinah, beliau tetap berpuasa Asyura dan menyuruh orang-orang untuk berpuasa pada hari itu. Tapi, setelah diwajibkan puasa Ramadhan, beliau bersabda, "Siapa yang menghendaki, dia boleh berpuasa, dan siapa yang menghendaki, dia boleh meninggalkannya."'HR. Bukhari (2002), Muslim (1125), Ahmad (6/50)

Dari Ibnu Abbas ra., dia berkata,

قَدِمَ النَّبِيُ صلى الله عليه وسلم الْمَدِيْنَةَ فَرَأَى الْيَهُوْدَ تَصُوْمُ عَاشُوْرَاءَ. فَقَالَ: " مَا هَذَا؟قَالُوْا: يَوْمٌ صَالَحَ، نَجَى اللَّهُ فِيْهِ مُوْسَى وَبَنِي اِسْرَائِيْلُ مِنْ عَدُوِّهِمْ، فَصَامَهُ مُوْسَى فَقَالَ صلى الله عليه وسلم: " أَنَا أَحَقُّ بِمُوْسَى مِنْكُمْفصامه، وأمر بصيامه. متفق عليه

Rasulullah datang ke Madinah dan menyaksikan orang-orang Yahudi berpuasa pada hari Asyura. Beliau bertanya, “Hari apa ini?” Mereka menjawab, hari ini adalah hari baik. Pada hari ini,Allah menyelamatkan Musa dan Bani Israel dari musuh mereka, lantas Musa berpuasa pada hari ini. Beliau bersabda, “Aku lebih berhak kepada Musa daripada kalian." Kemudian beliau berpuasa pada hari Asyura dan memerintahkan puasa pada hari itu. HR. Bukhari (2004), Muslim (1130)

Dari Abu Musa al-Asy'ari ra., dia berkata,

اِنَّ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ، تَعَظَّمَهُ الْيَهُوْدُ، وَتَتَخِذُهُ عِيْدًا، فَقَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: " صُوْمُوْهُ أَنْتُمْمتفق عليه

hari Asyura dirayakan oleh orang-orang Yahudi dan mereka menjadikannya sebagai hari raya. Melihat hal itu, Rasulullah saw. bersabda, “Puasalah kalian pada hari ini (hari Asyura).” Muttafaq ‘Alaih. HR. Bukhari (2005), Muslim (1131). Diriwayatkan pula oleh Ahmad (4/409)

Dari Ibnu Abbas ra., dia berkata,

لَمَّا صَامَ رَسُوْلُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ، وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ، قَالُوْا يَا رَسُوْلَ اللَّهِإِنَّهُ يَوْمٌ تَعَظَّمَهُ الْيَهُوْدُ وَالنَصَارَى..فَقَال: " إِذَا كَانَ الْعَامَ الْمُقْبِلَ - إِنْ شَاءَ اللَّهُ - صُمْنَا اْليَوْمَ التَاسِعَ "، قَالَفَلَمْ يَأْتِ الْعَامُ الْمُقْبِلُ، حَتَّى تُوُفِّيَ رَسُوْلُ اللّهِ صلى الله عليه وسلم. رواه مسلم، وأبو داود

tatkala Rasulullah saw. berpuasa pada hari Asyura dan memerintahkan berpuasa pada hari itu, mereka berkata, wahai Rasulullah,hari ini merupakan hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani.Beliau bersabda, "Jika masih bertemu dengan tahun depan, insya Allah, kita berpuasa pada hari kesembilan." Ibnu Abbas berkata, tapi belum juga sampai pada tahun depan,Rasulullah saw. telah wafat.' HR. Muslim (1134), Abu Dawud (2445)

Dalam riwayat yang lain disebutkan,

لَئِنْ بَقِيْتُ إلَى قَابِلٍ لَاَصُوْمُنَّ التَاسِعَ ": يَعْنِي مَعَ يَوْم عَاشُوْرَاءَ. رواه أحمد ومسلم

"Seandainya usiaku masih sampai pada tahun depan, sungguh aku akan berpuasa pada hari ke sembilan."' HR Ahmad dan Muslim. Maksudnya beserta hari Asyura.

(Ahmad (1/224, 225, 345), Muslim (1134) (134). Dan diriwayatkan oleh Ibnu Majah (1737)

Para ulama menyebutkan bahwa puasa Asyura ada tiga tingkatan, yaitu; pertama, puasa selama tiga hari, yaitu hari kesembilan, kesepuluh, dan ke sebelas. Kedua, puasa pada hari kesembilan dan kesepuluh. Ketiga, puasa hanya pada hari kesepuluh saja.


4. Hukum Merayakan Hari Asyura

Dari Jabir bin Abdillah ra.bahwa Rasulullah saw. bersabda,

أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: " مَنْ وَسَّعَ عَلَى نَفْسِهِ، وَأَهْلِهِ يَوْم عَاشُوْرَاءَ، وَسَّعَ اللَّهُ عَلَيْهِ سَائِرَ سُنَّتِهِ ". رواه البيهقي في الشعب، وابن عبد البر

"Barangsiapa yang memberi kelapangan bagi dirinya dan keluarganya pada hari Asyura, maka Allah akan memberi kelapangan baginya sepanjang tahun." HR. Baihaqi dalam Syu'b al-Iman (3691), Ibnu 'Abdil-bar dalam al-Istidzkar (10/140) no. (14294)

Hadits ini mempunyai riwayat lain, namun semuanya lemah. Tetapi riwayat yang satu dan yang lain bisa saling menguatkan, sebagaimana yang dikatakan oleh Sakhawi.


5. Banyak Shaum Di Bulan Sya'ban

Rasulullah saw. selalu berpuasa pada sebagian besar bulan Sya'ban.

Aisyah ra. berkata,

مَا رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم اِسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ قَطُّ، إِلاَّ شَهْرَ رَمَضَانَ، وَمَا رَأَيْتُهُ فِي شَهْرِ أَكْثَرُ مِنْهُ صِيَامًا فِي شَعْبَانَ. رواه البخاري، ومسلم

aku tidak pernah menyaksikan Rasulullah saw. berpuasa satu bulan penuh melainkan di bulan Ramadhan. Dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa daripada puasa beliau pada bulan Sya'ban.' HR. Bukhari (1970), Muslim (1156) (175)

Dari Usamah bin Zaid ra., dia berkata, aku bertanya,

يَا رَسُوْلَ اللَّهِ، لَمْ أَرَكَ تَصُوْمُ مِنْ شَهْرٍ مِنَ الشُهُوْرِ مَا تَصُوْمُ مِنْ شَعْبَانَ؟ قَالَ: " ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفَلُ النَّاسُ عَنْهُ، بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ، وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيْهِ اْلاَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِيْنَ فَأَحَبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِيْ وَأَنَا صَائِمٌ ". رواه أبو داود، والنسائي وصححه ابن خزيمة

wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu berpuasa pada bulan-bulan lain yang sesering pada bulan Sya'ban. Beliau bersabda, “Itu adalah bulan yang diabaikan oleh orang-orang, yaitu antara bulan Rajab dengan Ramadhan. Padahal pada bulan itu amal-amal diangkat dan dihadapkan kepada Tuhan semesta alam. Maka, aku sangat menginginkan amalku diangkat sementara aku dalam keadaan berpuasa."' HR Abu Daud, Nasai dan dinyatakan sahih oleh Ibnu Khuzaimah. (HR. Nasai (4/201), Ibnu Khuzaimah (3/304, 305). Diriwayatkan pula oleh Ahmad (5/201), Lihat at-Targhib wa at-Tarhib karya Mundziri (1511)

Mengkhususkan puasa pada hari nishfu Sya'ban (pertengahan bulan Sya'ban) dengan meyakini bahwa hari-hari tersebut memiliki keutamaan daripada hari-hari yang lain, tidak memiliki dasar atau keterangan yang sahih.


6. Bulan Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab

Pada bulan Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab dianjurkan memperbanyak puasa.

Dari seorang laki-laki dari Bahilah, bahwa dia menemui Rasulullah saw. dan berkata,

يَا رَسُوْلَ اللَّهِ أَنَا الرَّجُلُ الَذِي جِئْتُكَ عَامَ اْلَاوَلِ، فَقَال: " فَمَا غَيَّرَكَ، وَقَدْ كُنْتَ حُسْنُ الْهَيْئَةِ؟قَالَ: مَا أَكَلْتُ طَعَامًا إِلاَّ بِلَيْلٍ مُنْذُ فَارَقْتُكَفقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " لِمَ عَذَبْتَ نَفْسَكَ؟ثُمَّ قَالَ: " صُمْ شَهْرَ الصَّبْرِ ". قَالَزِدْنِي، فَإِنَّ بِي قُوَّةًقَالَ: " صُمْء يَوْمَيْنِ ". قَالَزِدْنِيقَالَصُمْ مِنَ الْحَرَمِ وَاتْرُكْ. صُمْ مِنَ الْحَرَمِ وَاتْرُكْ. صُمْ مِنَ الْحَرَمِ وَاتْرُكْوَقَالَ بِأَصَابِعِهِ الْثَلاَثَةِ، فَضَمَّهَا، ثُمَّ أَرْسَلَهَا . رواه أحمد، وأبو داود، وابن ماجه والبيهقي، بسند جيد

“Wahai Rasulullah, aku adalah orang yang datang menjumpaimu pada awal tahun. Beliau bertanya,“Kenapa keadaanmu telah jauh berubah, padahal sebelumnya kamu berpenampilan bagus?”Dia menjawab, aku tidak makan kecuali hanya pada malam hari sejak berpisah darimu. Beliau bertanya, "Kenapa engkau menyiksa dirimu?" Rasulullah kemudian bersabda,“Puasalah pada bulan ash-Shabar, yakni bulan Ramadhan,dan satu hari dari setiap bulan.”Tambahkanlah lagi, karena aku mampu melakukannya, ujar orang itu. Beliau bersabda,“Puasalah dua hari (pada setiap bulan).”Tambahlah lagi, pinta laki-laki itu. Beliau bersabda,“Puasalah sehari pada bulan suci lalu berbukalah, kemudian puasalah sehari lagi pada bulan suci lalu berbukalah, kemudian puasalah sehari pada bulan suci lagi lalu berbukalah." Ketika menyampaikan sabda itu, Rasulullah memberi isyarat dengan ketiga jari beliau dengan menggenggamkannya lalu melepaskannya.”HR Ahmad, Abu Daud, Ibnu Majah, dan Baihaki yang menyatakan sanad hadits ini baik.

(HR. Ahmad (5/28), Abu Dawud (2428), Ibnu Majah (1741), Baihaqi dalam al-Kubra (4/290)

Syekh Sayyid Sabiq mengatakan,

وَصِيَامُ رَجَبٍ، لَيْسَ لَهُ فَضْلٌ زَائِدٌ عَلَى غَيْرِهِ مِنَ الشُهُوْرِ، إِلاَّ أَنَهُ مِنَ الْاَشْهُرِ الْحَرَمِ. وَلَمْ يَرِدْ فِي السُنَةِ الصَّحِيْحَةِ: أَنَّ لِلْصِيَامِ فِيْهِ فَضِيْلَةٌ بِخُصُوْصِهِ، وَأَنَ مَا جَاءَ فِي ذَلِكَ مِمَا لاَ يَنْتَهَضُّ لِلْاِحْتِجَاجِ بِهِ

Tidak ada keutamaan tertentu puasa di bulan Rajab ketimbang bulan-bulan yang lain, kecuali bulan tersebut termasuk bulan suci. Dan tidak ada satu pun hadits sahih yang menjelaskan bahwa puasa pada bulan itu mempunyai keistimewaan secara khusus. Ada beberapa hadits dalam masalah ini, tetapi tidak dapat dijadikan sebagai landasan hukum.

قَالَ ابْنُ حَجَرٍلَمْ يَرِدْ فِي فَضْلِهِ، وَلاَ فِي صِيَامِهِ، وَلاَ فِي صِيَامٍ شَيئٌ مِنْهُ مُعَيَّنٌ، وَلاَ فِي قِيَامِ لَيْلَةٍ مَخْصُوْصَةٌ مِنْهُ، حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ يَصْلُحُ لِلْحُجَّةِ

Ibnu Hajar berkata, “Tidak ada hadits sahih yang dapat dijadikan sebagai landasan hukum terkait keutamaan bulan itu, puasa padanya, puasa pada hari-hari tertentu darinya atau melakukan ibadah pada malam harinya.”


7. Hari Senin dan Hari Kamis

عن أبي هريرة أن النبي صلى الله عليه وسلم كان أكثر ما يصوم الاثنين، والخميس، فقيل له  فقال: " إن الاعمال تعرض كل اثنين وخميس، فيغفر الله لكل مسلم، أو لكل مؤمن، إلا المتهاجرين، فيقولأخرهمارواه أحمد، بسند صحيح

Dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Ada yang bertanya mengenai hal ini kepada beliau.'Beliau menjawab, "Sesungguhnya amal-amal diajukan (di depan Allah) pada setiap hari Senin dan Kamis, lalu Allah mengampuni setiap Muslim atau setiap orang yang beriman kecuali dua orang yang berseteru. Allah berfirman, "Tangguhkanlah amal kedua orang itu." HR. Ahmad (2/329) dengan sanad sahih.

Dalam Shahih Muslim disebutkan,

أَنَهُ صلى الله عليه وسلم سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ الْاِثْنَيْنِ؟ فَقَالَ: " ذَاكَ يَوْمُ وُلِدْتُ فِيْهِ، وَأُنْزِلَ عَلَيَّ فِيْهِأَيْ نُزِلَ الْوَحْيُ عَلَيَّ فِيْهِ

Bahwa Rasulullah ditanya mengenai puasa pada hari Senin. Beliau bersabda menjawab, "Itu adalah hari ketika aku dilahirkan, dan saat wahyu diturunkan kepadaku." (Muslim (1162) (198). Diriwayatkan pula oleh Ahmad (5/297)


8. Tiga Hari dalam Setiap Bulan

قَالَ أَبُوْ ذَرٍ اَلْغِفَاري رضي الله عنه: أَمَرَنَا رَسُوْلُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَنْ نَصُوْمَ مِنَ الشَهْرِ ثَلَاَثةَ أَيَّامٍ، اَلبِيْض: ثَلاَثَ عَشْرَةَ، وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ، وَخَمْسَ عَشْرَةَ. وَقَالَ: هِيَ " كَصَوْمِ الدَّهْرِ " رواه النسائي، وصححه ابن حبان

Abu Dzarr al-Ghifari ra. berkata, Rasulullah saw. memerintahkan kami agar berpuasa tiga hari pada setiap bulan, yang sering dikenal dengan sebutan yaitu yang disebut dengan Ayyâmul baidh, tanggal tiga belas, empat belas, dan lima belas. Beliau bersabda, “Itu seperti puasa sepanjang tahun.” HR Nasai dan menurut Ibnu Hibban sahih.

(HR. Nasai (4/201), Ibnu Hibban (3656). Diriwayatkan oleh Ahmad (5/152)

وَجَاءَ عَنْهُ صلى الله عليه وسلم: أَنَهُ كَانَ يَصُوْمُ مِنَ الشَّهْرِ، السَبْتَ وَاْلاَحَدَ، وَاْلاِثْنَيْنِ، وَمِنَ الْشَهْر الْاَخَرِ، اَلثُلَاثَاء، وَاْلاَرْبَعَاء، وَاْلخَمِيْس، وَأَنَّهُ كَانَ يَصُوْمُ مِنْ غَرَةِ كُلِ هِلاَلٍ، ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ، وَأَنَّهُ كَانَ يَصُوْمُ الْخَمِيْسَ، مِنْ أَوَّلِ الشَّهْرِ، وَاْلِاثْنَيْنِ الَذِيْ يَلِيْهِ، وَاْلِاثْنَيْنِ الَذِي يَلِيْهِ

Ada sebuah hadits dari Rasulullah, bahwa pada setiap bulan,beliau berpuasa pada hari Sabtu, ahad, dan Senin. Kemudian pada bulan berikutnya, beliau berpuasa pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Pada awal setiap bulan, beliau juga berpuasa pada hari Kamis dan pada awal bulan berikutnya, beliau berpuasa pada hari Senin dan pada bulan berikutnya beliau berpuasa pada hari Senin. (HR. Ahmad (1/406), Abu Dawud (2450), Tirmidzi (746), Nasai (4/220, 221)


9. Puasa Daud

عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَحْمَنِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ، قَالَ لِي رَسُوْلُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: " لَقَدْ أَخْبَرْتُ أَنَّكَ تَقُوْمُ اللَّيْلَ وَتَصُوْمُ النَّهَارَ " قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللَّهِ نَعَمْ، قَالَ: "

Dari Abu Salmah bin Abdurrahman, dari Abdullah bin Amru, dia berkata, Rasulullah saw. bertanya kepadaku, “Aku diberitahu bahwa engkau sering mengerjakan amal ibadah di waktu malam dan puasa di siang harinya?” Benar, wahai Rasulullah, jawabku. Mendengar itu, beliau lantas bersabda,

فَصُمْ، وَافْطَرْ، وصَلِّ، وَنَمْ، فَإِنَ لِجَسَدِكَ عَلَيْكَ حَقًا، وَإِنَ لِزَوْجِكَ عَلَيْكَ حَقًا، وَإِنَ لِزَوْرِكَ عَلَيْكَ حَقًّا، وَإِنَ بَحَسَبِكَ أَن تَصُوْمُ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ.  قَالَ: فَشَدَدْتُ فَشَدَّدَ عَلَيَّ. قَالَ: فَقُلْتُ، يَا رَسُوْلَ اللَّهِ إِنِي أَجِدُهُ قُوَّةً. قَالَ: " فَصُمْ مِنْ كُلِّ جُمْعَةٍ ثَلَاثَةَ أَيَامٍ. قَالَ فَشَدَدْتُ فَشَدَّدَ عَلَيِّ. قَالَ فَقُلْتُ: ياَ رَسُوْلَ اللَّهِ إِنِي أَجِدُ قُوَّةً. قَالَ: " صُمْ صَوْمُ نَبِيِ اللَّهِ دَاوُدَ، وَلاَ تَزِدْ عَلَيْهِ ". قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللَّهِ وَمَا كَانَ صِيَامُ دَاوْدَ عليه الصلاة والسلام؟ قال: كَانَ يَصُوْمُ يَوْمًا، وَيُفْطِرُ يَوْمًا ". رواه أحمد، وغيره

"Berpuasalah dan berbukalah (tidak berpuasa), shalat dan tidurlah. Karena tubuhmu mempunyai hak yang harus engkau penuhi, istrimu mempunyai hak yang harus engkau penuhi, dan tamumu mempunyai hak yang harus engkau penuhi. Cukup bagimu puasa tiga hari pada setiap bulan." Begitu aku semakin kukuh untuk beribadah lebih banyak, maka aku pun lebih sering melakukan ibadah yang lebih banyak lagi. Kemudian aku berkata, wahai Rasulullah,aku mampu melakukan lebih dari itu. Rasulullah bersabda, “Kalau begitu, puasalah tiga hari setiap pekan." Begitu aku semakin kukuh untuk beribadah lebih banyak,maka aku pun dibebani ibadah yang lebih banyak. Aku berkata, wahai Rasulullah, aku sanggup melakukan lebih dari itu. Rasulullah bersabda, "Kalau begitu, puasalah seperti puasa Nabi Daud dan janganlah melebihi dari itu."Wahai Rasulullah, bagaimana puasa Nabi Daud? Rasulullah menjelaskan, "Dia puasa sehari lalu berbuka pada hari berikutnya (dan demikianlah seterusnya)."HR Ahmad dan yang lain. (HR. Ahmad (2/160), Bukhari (131), Muslim (1159) (189), Abu Dawud (2448), Ibnu Majah (1712)

Diriwayatkan dari Abdullah bin Amru, dia berkata,Rasulullah saw. bersabda,

أَحَبُّ الصِياَم ِإِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ، وَأَحَبُّ الصَلاَةِ إِلى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ، كَانَ يَنَامُ نِصْفَهُ، وَيَقُوْمُ ثُلُثَهُ، وَيَنَامُ سُدُسَهُ، وَكَانَ يَصُومُ يَوْمًا، وَيُفْطِرُ يَوْمًا

"Puasa yang paling disukai Allah adalah puasa Daud,dan shalat yang paling disukai Allah adalah shalat Daud. Dia tidur separuh malam, dan bangun untuk shalat pada sepertiganya, dan tidur lagi pada seperenamnya.Dia puasa satu hari dan tidak berpuasa satu hari (berikutnya)."

Referensi :

Fiqih Sunnah karya Syekh Sayyid Sabiq (Hal 301)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

Contact Us