4. Doa Hendak Tidur
قال حذيفة رضي الله عنه: كانَ رسول الله صَلَّى اللهُ
عليه وسلَّمَ إذَا أرَادَ أنْ يَنَامَ قالَ: باسْمِكَ اللَّهُمَّ أمُوتُ وأَحْيَا،
وإذَا اسْتَيْقَظَ مِن مَنَامِهِ قالَ: الحَمْدُ لِلَّهِ الذي أحْيَانَا بَعْدَ ما
أمَاتَنَا وإلَيْهِ النُّشُورُ. متفق عليه
Hudzaifah berkata: ”Apabila Rasulullah hendak hendak tidur beliau berdo'a: ( "(Yaa Allah, dengan namaMu aku mati (tidur) dan hidup kembali (bangun)). Jika beliau bangun dari tidur beliau mengucapkan: (Segala puji hanya milik Allah yang telah menghidupkan kita setelah kematian kita dan kepadaNyalah kita dibangkitkan).”(Muttafaqun 'alaihi) (Bukhari 6324)
وعن عائشة رضي الله عنها :أنَّ النَّبيَّ صلَّى اللهُ
عليه وسلَّم كانَ إذا أوَى إلى فِراشِهِ كُلَّ لَيْلَةٍ جَمَع كَفَّيْهِ، ثُمَّ
نَفَثَ فِيهِما، فَقَرَأَ فِيهِما: {قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ}، و{قُلْ أَعُوذُ
بِرَبِّ الْفَلَقِ}، و{قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ}، ثُمَّ يَمْسَحُ بهِما ما
اسْتَطاعَ مِن جَسَدِهِ، يَبْدَأُ بهِما علَى رَأْسِهِ ووَجْهِهِ وما أقْبَلَ مِن
جَسَدِهِ، يَفْعَلُ ذلكَ ثَلاثَ مَرَّاتٍ. متفق عليه
Diriwayatkan dari 'Aisyah Radhiyallahu 'anha ia berkata: ”Apabila
Rasulullah hendak pergi tidur di pembaringan, beliau merapatkan kedua telapak
tangannya. Lalu ditiupnya dan dibacakan Qul Huwallahu Ahad,Qul A'udzu birabbil
Falaq dan Qul A'udzu birabbinaas. Kemudian dengan kedua telapak tangannya
beliau mengusap bagian tubuh yang dapat dijangkau dengan tangannya. Dimulai
dari kepala, wajah dan tubuh bagian depan. Beliau melakukannya tiga
kali.”(Muttafaqun 'alaihi) (Bukhari 5017)
وعن أبي هريرة رضي الله عنه «أنه أتاه آت يحثو من الصدقة
- وكان قد جعله النبي صلى الله عليه وسلم عليها - ليلة بعد ليلة، فلما كان في
الليلة الثالثة قال: لَأَرْفَعَنَّكَ إلى رَسولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عليه
وسلَّمَ -قال دعني أعلمك كلمات ينفعك الله بهن - وكانوا أحرص شيء على الخير -،
فَقالَ: إذَا أوَيْتَ إلى فِرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الكُرْسِيِّ {اللَّهُ لَا
إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ} [البقرة: 255] حتَّى تَخْتِمَها؛ لإنَّه
لَنْ يَزَالَ عَلَيْكَ مِنَ اللَّهِ حقٌ ، ولَا يَقْرَبُكَ شيطَانٌ حتَّى
تُصْبِحَ، فَقالَ: صَدَقَكَ وهو كَذُوبٌ ذَاكَ شيطَانٌ. خرجه البخاري
Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwasanya setiap malam ada seseorang yang
selalu datang mencuri harta zakat, sedangkan Abu Hurairah adalah orang yang
ditugaskan oleh Rasulullah untuk menjaganya. Pada malam ketiga Abu Hurairah
berkata: ”Saya akan melaporkanmu kepada Rasulullah Saw!”Orang itu
berkata: ”Biarlah aku mengajarimu beberapa kalimat semoga bermanfaat bagimu.
Para sahabat adalah orang yang paling semangat dalam mencari kebaikan. Orang
itu berkata: ”Jika engkau mendatangi pembaringanmu hendaklah engkau membaca
ayat kursi: (Allahu laa ilaaha illa huwal Hayyul Qayyum) hingga selesai.
Sesungguhnya kamu akan selalu dijaga oleh seorang malaikat yang diutus Allah
sehingga engkau tidak akan didekati oleh setan hingga pagi hari." Setelah
hal itu diceritakan kepada Rasulullah Saw beliau berkata: "Itu adalah
setan, ia telah berkata jujur kepadamu padahal ia sebenarnya pendusta!"
(HR. Al-Bukhari)
و عن أبي مسعود الأنصاري رضي الله عنه، عن النبي صلى
الله عليه وسلم قال: مَن قرَأ الآيتينِ مِن آخِرِ سورةِ البقرةِ في كُلِّ ليلةٍ
كفَتَاه. متفق عليه
Diriwayatkan dari Abu Mas'ud Al-Anshari dari Rasulullah bahwa beliau
bersabda: "Barangsiapa membaca dua ayat terakhir surat AlBaqarah disetiap
malam maka kedua ayat tersebut telah mencukupinya." (Muttafaq 'alaihi)
وقال علي رضي الله عنه: مَا كُنْتُ أَرَى أَحَدًا يَعْقِلُ يَنَامُ حَتَّى يَقْرَأَ الْآيَاتِ الثلاث مِنْ آخِرِ سُورَةِ
الْبَقَرَةِ
Ali bin Abi Thalib berkata: "Menurutku tidaklah ada seorang yang
berakal sehat pergi tidur sebelum membaca tiga ayat terakhir dari surat
Albaqarah."
وعن أبي هريرة رضي الله عنه «أن رسول الله صلى الله عليه
وسلم قال: إذا قام أحدُكم عنْ فراشِهِ ثُمَّ رجع إليه فلينفُضْهُ بصنِفَةِ إزارِهِ
ثلاثَ مرَّاتٍ فإِنَّهُ لا يَدْري ما خلَفَهُ عليْهِ بعدُ وإذا اضطجع فلْيَقُلْ
باسمِكَ ربي وضعْتُ جنبي وبكَ أرْفَعُهُ فإِنْ أمسَكْتَ نفسي فارحمْها وإِنْ
أرسلْتَها فاحفظْها بِما تحفَظُ بِهِ عبادَكَ الصالِحينَ. متفق عليه
"Jika salah seorang dari kamu bangkit dari tempat tidurnya kemudian
kembali hendaklah ia mengibaskan tempat tidurnya dengan ujung kainnya sebanyak
tiga kali sebab ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggal dirinya. Jika ia
ingin berbaring hendaklah mengucapkan; (Dengan menyebut nama Engkau wahai
Rabbku aku meletakkan lambungku dan dengan menyebut namaMu pula aku bangun
daripadanya. Jika Engkau menahan ruhku maka berilah rahmat padanya. Dan jika
Engkau melepaskannya kembali maka peliharalah sebagaimana Engkau memelihara
hamba-hambaMu yang shalih)." (Muttafaqun 'alaihi)
Dalam riwayat lain disebutkan:
إذا استيقظَ أحدكم فلْيَقُلِ الحمدُ للهِ الذي عافَانِي
في جسَدِي ورَدَّ علَيَّ روحي وأذِنَ لِي بذِكْرِهِ
"Jika salah seorang dari kamu bangkit dari tidur hendaklah
mengucapkan: (Segala puji bagi Allah yang telah memelihara jasadku dan
mengembalikan ruhku serta mengizinkanku untuk mengingatNya)."[1]
وعن علي رضي الله عنه «أن فاطمة رضي الله عنها أتت النبي
صلى الله عليه وسلم تسأله خادماً فلم تجده ووجدت عائشة فأخبرتها، قال علي: فجاءنا
النبي صلى الله عليه وسلم، وقد أخذنا مضاجعنا فقال: ألا أدلكما على ما هو خير لكما
من خادم، إذا أويتما إلى فراشكما، فَسَبِّحَا ثَلَاثًا وثَلَاثِينَ، واحْمَدَا
ثَلَاثًا وثَلَاثِينَ، وكَبِّرَا أرْبَعًا وثَلَاثِينَ، فَهو خَيْرٌ لَكُما مِن
خَادِمٍ. قال علي: ما تركتهن منذ سمعتهن من رسول الله صلى الله
عليه وسلم، قيل له: ولا ليلة صفين؟ قال: ولا ليلة صفين» متفق عليه
Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib ia berkata, "Fathimah
Radhiyallahu 'anha datang menemui Rasulullah Saw untuk meminta pembantu(khadim)
namun ia tidak bertemu dengan beliau. Ia bertemu dengan 'Aisyah Radhiyallahu
'anha dan mengabarkan maksud kedatangannya. Ali bin Abi Thalib menuturkan:
”Rasulullah datang menemui kami ketika kami telah berada di pembaringan. Beliau
berkata: "Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang lebih baik daripada
khadim?! Apabila kalian mendatangi pembaringan kalian ucapkanlah subhanallahu
sebanyak 33 kali, alhamdulillah sebanyak 33 kali dan Allahu akbar sebanyak 34
kali. Sesungguhnya itu lebih baik bagi kalian daripada seorang khadim."
Ali berkata: "Kami tidak pernah meninggalkan kalimat itu semenjak kami
mendengarkannya dari Rasulullah Saw. Ada yang bertanya kepadanya: "Tidak
juga pada malam peperangan Shiffin?" Ali menjawab: "Yaa, tidak juga
pada malam peperangan Shiffin!” (Muttafaqun 'alaihi)
وعن حفصة أم المؤمنين رضي الله عنها «أن النبي صلى الله
عليه وسلم كَانَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَرْقُدَ، وَضَعَ يَدَهُ اليُمْنَى تَحْتَ
خَدِّهِ، ثُمَّ يَقُولُ: «اللَّهُمَّ قِني عذابك يوم تبعث عبادك ثلاث مرات. خرجه
أبو داود وقال الترمذي حديث حسن صحيح. ورواه من طريق حذيفة رضي الله عنه
Diriwayatkan dari Hafshah Ummul Mukminin Radhiyallahu 'anha ia berkata: "Apabila
Rasulullah hendak pergi tidur beliau meletakkan tangan kanannya dibawah pipinya
kemudian membaca: (Yaa Allah lindungilah aku dari azabMu pada hari Engkau
membangkitkan hamba-hambaMu) sebanyak tiga kali. (HR. Abu Dawud, Imam
AtTirmidzi berkata: Hadits hasan shahih) la juga meriwayatkannya dari jalur
Hudzaifah.
عَنْ أَنَسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ
الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَكَفَانَا وَآوَانَا فَكَمْ مِمَّنْ لَا كَافِيَ
لَهُ وَلَا مُؤْوِيَ. خرجه مسلم
Diriwayatkan dari Anas ia berkata: ”Apabila Rasulullah Saw mendatangi
pembaringannya beliau membaca: "(Segala puji bagi Allah yang telah memberi
kami makan dan minum serta telah memberi kami kecukupan dan tempat berteduh.
Sementara berapa banyak orang yang tidak memiliki tuhan yang memberi kecukupan
dan tempat berteduh).”(HR. Muslim)
وعن ابن عمر رضي الله عنهما أنَّهُ أَمَرَ رَجُلًا إذَا
أَخَذَ مَضْجَعَهُ أن يقول: اللَّهُمَّ أنت خَلَقْتَ نَفْسِي، وَأَنْتَ
تَوَفَّاهَا، لكَ مَمَاتُهَا وَمَحْيَاهَا، إنْ أَحْيَيْتَهَا فَاحْفَظْهَا، وإنْ
أَمَتَّهَا فَاغْفِرْ لَهَا، اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَافِيَةَ. قال ابن
عمر سمعته من رسول الله صلى الله عليه وسلم» خرجه مسلم
Diriwayatkan dari Ibnu Umar bahwa ia memerintahkan seorang laki-laki untuk
membaca do'a ini setiap kali hendak tidur: "(Yaa Allah Engkaulah yang
telah menciptakan diriku, Engkau pulalah yang mewafatkannya. Di tangan Engkau
hidup dan matinya. Jika engkau membiarkannya hidup maka peliharalah diriku,
jika Engkau mewafatkannya maka ampunilah diriku. Ya Allah saya meminta
keafiatan kepadaMu).” Ibnu Umar berkata: "Saya mendengarnya dari
Rasulullah Saw".(HR. Muslim)
عَنْ أَبِي سَعِيدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ قَالَ حِينَ يَأْوِي إِلَى فِرَاشِهِ أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي
لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ
غَفَرَ اللَّهُ لَهُ ذُنُوبَهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ وَإِنْ كَانَتْ عَدَدَ وَرَقِ الشَّجَرِ وَإِنْ كَانَتْ عَدَدَ رَمْلِ
عَالِجٍ وَإِنْ كَانَتْ عَدَدَ أَيَّامِ الدُّنْيَا قَالَ الترمذي هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ
Diriwayatkan dari Abu Sa'id Al-Khudri Ra, dari Nabi Saw, bersabda: "Barangsiapa
membaca dzikir ini ketika hendak tidur: (Saya meminta ampunan kepada Allah Yang
Maha Agung, Yang tiada ilah yang berhak disembah dengan benar kecuali Dia, Yang
Maha Hidup dan Berdiri Sendiri, dan saya bertaubat kepadaNya) sebanyak tiga kali
maka Allah akan mengampuni dosanya meskipun sebanyak buih di lautan, meskipun
sebanyak butiran pasir yang terhampar dan meskipun sebanyak bilangan
hari."(Imam At-Tirmidzi berkata, ini adalah hadits hasan gharib)[2]
وعن أبي هريرة رضي الله عنه، «عن النبي صلى الله عليه
وسلم كان يقول إذا أوى إلى فراشه: اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ وَرَبَّ
الْأَرْضِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ فَالِقَ
الْحَبِّ وَالنَّوَى وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَالْإِنْجِيلِ وَالْفُرْقَانِ
أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ ذِيْ شَرِّ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ اللَّهُمَّ أَنْتَ
الْأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ وَأَنْتَ الْآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ
وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُونَكَ
شَيْءٌ اقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنْ الْفَقْرِ. خرجه مسلم.
Diriwayatkan dari Abu Hurairahdari Rasulullah Saw bahwa apabila beliau
mendatangi pombaringan beliau membaca: "(Ya Allah Rabb yang menguasai
langit[3]
dan bumi[4].
Rabb yang menguasai Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu, Rabb
yang membelah biji tanaman dan buah-buahan, Rabb yang menurunkan Taurat,Injil
dan Al-Qur'an. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala makhluk jahat[5]
yang Engkau memegang ubunubunnya. Yaa Allah Engkaulah Yang Maha Awal tiada
sesuatu sebelumMu,Engkau Yang Maha Akhir tiada sesuatu sesudahMu, Engkaulah
Yang Maha Zhahir tiada sesuatupun di atasMu, Engkaulah Yang Maha Batin[6]
tiada sesuatupun di bawahMu, lunasilah hutang kami dan berilah kekayaan kepada
kami hingga kami terlepas dari kefakiran). " (HR. Muslim)[7]
وقال الْبَرَاءُ بْنُ عَازِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا
قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَتَيْتَ
مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وَضُوءَكَ لِلصَّلَاةِ ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ
الْأَيْمَنِ وَقُلْ اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِي
إِلَيْكَ وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ وَرَغْبَةً وَ رَهْبَةً إِلَيْكَ لَا
مَلْجَأَ وَلَا مَنْجَا مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي
أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ فَإِنْ مُتَّ مِنْ لَيْلَتِكَ مُتَّ
عَلَى الْفِطْرَةِ فَاجْعَلْهُنَّ آخِرَ مَا تَقُولُ. متفق عليه
(Diriwayatkan dari) Al-Bara' bin Azib ra berkata: "Rasulullah berkata kepadaku: "Apabila kamu hendak pergi tidur berwudhu 'lah sebagaimana wudhu'mu ketika hendak mengerjakan shalat. Kemudian berbaringlah di atas bagian tubuh yang kanan lalu bacalah: (Yaa Allah aku menyerahkan diriku kepadaMu, aku menyerahkan urusanku kepadaMu, aku menghadapkan wajahku kepadaMu, aku menyandarkan punggungku kepadaMu. Karena rasa senang dan takut kepadaMu, sesungguhnya tiada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari ancamanMu kecuali kepadaMu. Aku beriman kepada kitab yang telah Engkau turunkan serta nabi yang Engkau utus). Apabila kamu mati pada malam itu maka kamu telah mati di atas fitrah (Islam) Dan jadikanlah kalimat itu sebagai yang terakhir kamu ucapkan. (Muttafaqun 'alaihi)[8]
Referensi : Al Kalim Ath Thayyib karya Syeikhul Islam Ibnu Taimiyyah, tahqiq
Syekh Nashiruddin al Albani (hal. 75 - 81)
[1] Ada beberapa point yang perli dikoreksi:
Pertama:
"Mdenjadikan hadits ini dua lafal, padahal sebenarnya satu lafal saja.
Sebab lafal yang kedua merupakan lanjutan dani lafal yang pertama.
Kedua:
Menisbatkan hadits ini kepada Al-Bukhari dan Muslim, dan diikuti oleh Ibnul
Qayyim dalam A/-Wabil Ash-Shayyib(hal 130),padahal tidak benar demikian. Sebab
yang meriwayatkan dengan lafal tersebut secara komplit adalah Imam At-Tirmirdzi
dalam Sunannya (II/247, cetakan Bulaq) Dan riwayat itu adalah riwayatnya yang
tidak dikeluarkan oleh yang lain dari para penulis kutubus sittah lainnya,
sebagaimana ditegaskan oleh Al-Hafizh Ibnu hajar dalam Fathul Bari kemudian
AT-Tirmidzi berkata: " hadits hasan. Saya katakan: "Sanadnya
bagus", diriwayatkan juga oleh Ibnu Sunni (no:9)
Ketiga: Dalam
kitab Al-Bukhari dan Muslim tidak tercantum lafal kedua. Dan
lafal"sebanyak tiga kall'tersebut tidak tersebut dalam Shahih Muslim,
namun terdapat dalam Shahih Al-Bukhari. Imam Muslim menambahkan:
"Hendaklah ia membaca bismillah, sebab ia tidak tahu apa yang terjadi atas
kasurnya sepeninggalnya. Dan apabila ia berbaring,hendaklah berbaring dengan
bertumpu pada tubuhnya sebelah kanan. Dan hendaklah ia membaca: "Maha suci
Allah Rabbku, dengan menyebut namaMu aku meletakkan tubuhku....."silakan
lihat Shahih Al-Bukhari (IV/160 dan 450) dan Muslim (79-80)
[2] Saya katakan: "Dalam sanadnya terdapat kelemahan. Karena diriwayatkan
oleh Athiyah Al-Aufi, dia adalah seorang perawi dha'if karena hafalannya.
Kemudian dia juga seorang mudallis dengan bentuk tadlis yang sangat buruk.
Sebagaimana hal itu telah saya jelaskan dalam Silsilah Hadits Dha'if. Dan
perawi dari Athiyah,yakni Al-Washafi, juga dhaif,namun ada penyerta baginya
sebagaimana dijelaskan oleh Al-Mundziri. Jadi musibah sanad ini terletak pada
Athiyah.
Catatan:
lafal: "Al-'Azhim" terdapat dalam naskahi asli. Demikian pula dalam
naskah At-Tirmidzi. Akan tetapi tidak tersebut dalam Al-Adzkar karangan
AnNawawi.
[3] Imam Ahmad menambahkan: "Yang tujuh" sanadnya shahih sesuai
dengan syarat Muslim. Diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam nwayat lain dari Abu
dari Abi Hurairah.
[4]
Dalam riwayat
At-Tirmidzi dan dishahihkan oleh beliau tersebut: "Bumi-bumi". Lafal
tersebut diriwayatkan oleh Ahmad.
[5] Abu Dawud dan At-Tirmidzi. Dalam lafal Muslim tersebut: Kulli Syai'in
(segala sesuatu)".
[6]
Yaitu dengan
keagunganMu dan kesempurnaan kebesaranMu sehingga tidak seorangpun yang mampu
mengetahui hakikat DzatMu, di samping kesempurnaan kemaha zhahiranMu (tidak ada
sesuatupun di bawahMu, yaitu dibelakangMu sehingga ada sesuatu yang lebih
tersembunyi daripadaMu. Demikian dikatakan oleh Abul Hasan As-Sindi.
[7] Demikian pula diriwayatkan oleh Abu Dawud, At-Tirmidzi dan Ahmad (II/381,
404 dan 536) dan sebagian lafalnya tidak terdapat dalam riwayat Muslim.
[8] Lafal di atas adalah lafal Al-Bukhari tersusun dari dua riwayat.
0 Comments
Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link di komentar tidak akan ditampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.