Perbedaan antara Isim Fail dan Sifat Musyabbahah

Perbedaan antara Isim Fail dan Sifat Musyabbahah

الفرق بين اسم الفاعل والصفة المشبهة
Perbedaan antara Isim Fail dan Sifat Musyabbahah

الفرق بين اسم الفاعل والصفة المشبهة به من خمسة وجوه :
Perbedaan antara Isim Fail dan Sifat Musyabbahah ada dari lima wajah :

الأول : دلالتها على صفة ثابتة, ودلالته على صفة متجددة.
Yang pertama : petunjuk Sifat Musyabbahah itu atas sifat yang tsabit (tetap). Dan petunjuk Isim Fail atas pembaruan.  

الثانى : حدوثه فى إحدى الأزمنة, والصفة المشبهة للمعنى الدائم الحاضر, إلا أن تكون هناك قرينة تدلّ على خلاف الحاضر, كأن سعيدٌ حسانًا فقُبح.              
Yang kedua ; kebaruannya itu ada pada salah satu dari waktu (yang tiga ; lampau, sedang/akan, yang mendatang), dan sifat Al Musyabbahah bagi makan yang tetap ada, kecuali keadaannya di sana ada qarinah yang menunjukkan atas penentang yang ada, seakan-akan Sa’id itu baik lalu dia jahat.

الثالث : أنها تُصاغ من المتعدي, على  وزن اسم الفاعل, إذا تنوسى المفعول به, وصار فعلها فى اللازم القاصر, مثلُ : فلانٌ قاطنٌ السيف وسابق الفرس, مسمعُ الصوت و مخترقُ السهم, كما تُصاغ من الفعل المجهول مُرادا بها معنى الثبوت والدوام :

Yang ketiga; sesungguhnya Sifat Al Musyabbahah itu ada dari Al Muta’adi atas wajan Isim Fail, apabila dibiarkan Maf’ul bih, maka jadilah Fiilnya pada Lazim yang ringkas, seperti : Fulan yang memotong pedang, yang memenangkan balap kuda, yang mendengar suara dan yang merobek panah, sebagaimana dia dibentuk dari Fiil Majhul sebagai maksud denganya ; makna Tsubut dan Dawam ;

محمود الخلق, وميمون النقيّة, واسم الفاعل يُصاغ قياسا من اللازم والمتعدى مُطْلقا, كما سلف.
Yang terpuji perilakunya, yang
Dan Isim Fail yang dibentuk sebagai qiyas dari yang Lazim dan Muta’addi secara muthlaq sebagaimana sebelumnya.

الرابع : أنها لابلزُمُ الجرى على وزن المضارع فى حركاته وسكناته, الا اذا صيغتْ من غير الثلاثى المجرّد واسم الفاعل يُصاغ يجب فيه ذلك مطلقا كما تقدّمَ.
Yang keempat : sesungguhnya Sifat Musyabbahah tidak mesti berlaku atas wajan Mudhore pada harokat dan sukunnya, kecuali apabila dia itu dibentuk dari yang bukan Tsulatsi Al Mujarrad dan Isim Fail yang dibentuk yang wajib padanya itu secara muthlaq sebagaimana sebelumnya.

الخامس : أنها تجوز إضافتها الى فاعلها, بلْ يُسْتحسن فيها ذلك. كطاهر الذيل, وحسن الخلق, ومُنْطلق اللسان, ومعتدل الرأى. والأصل : طاهرٌ ذيله, وحسنٌ خلقه, ومُنْطلق خلقه, ومُنْطلق لسَانه, و مُعْتدلٌ رأيُهُ.  واسم الفاعل لايجوز فيه ذلك, فلا يقال : خليلٌ مُصيبُ السّهم الهدف, أى : مُصيبٌ سهمهُ الهدف.
Yang kelima : sesungguhnya Isim Musyabbahah itu boleh meng’idhafahkannya kepada Failnya, bahkan baik dijadikan baik padanya itu, seperti ; yang bersih, tidak ternodai, yang baik akhlaknya, yang fasih bicaranya yang lurus pikirannya. Ashalnya ; THAHIRUN DZAILUHU, HASANUN KHULUQUHU, MUNTHALIQUN KHULQUHU, MUNTHALIQUN LISANUHU dan MU;TADILUN RA’YUHU. dan Isim Fa’il yang tidak boleh hal itu padanya, maka tidak dikatakan : Khalil mengenai panah sasaran, yaitu ; panahnya mengenai sasaran.

واسم المفعول, الصفة المشبهة, تجوز إضافتُ الى فاعله, لأنه فى الأصل مفعولٌ, مثل : خالدٌ مجْروحُ اليد, والأصل : مجروحة يده. أما إضافتُه الفاعل الى مفعوله فجائزة, مثلُ : الحق قاهر الباطل.

Dan Isim Maf’ul, Sifat Musabbahah, itu boleh idhafahnya kepada Fa’ilya, karena dia itu pada asalnya Maf’ul (seperti) : Khalid terluka tangan, dan ashalnya : terluka tangannya, dan ashalnya MAJRUHATUN YADDUHU, adapun idhafahnya Fail  kepadaMaf’ulnya, maka (demikian) boleh, seperti ; kebenaran itu mengalahkan kebatilan.
   


Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

Contact Us